Riset Terbaru Mengungkap Manfaat Luar Biasa Senyawa Antosianin dalam Buah Blueberry

Washington D.C., 2 Juni 2024 — Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah “Nutrition and Health” mengungkap manfaat luar biasa dari senyawa antosianin yang terdapat dalam buah blueberry. Studi yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Georgetown menyoroti potensi antosianin dalam menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi kognitif.

Antosianin merupakan pigmen alami yang memberi warna biru, ungu, dan merah pada buah-buahan dan sayuran tertentu. Buah blueberry, yang kaya akan senyawa ini, telah lama dikenal sebagai makanan super yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, penelitian ini menggali lebih dalam tentang mekanisme kerja antosianin dan dampaknya pada tubuh manusia.

Dr. Sarah Johnson, peneliti utama dalam studi ini, menjelaskan bahwa antosianin memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang kuat. “Senyawa ini dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan meredakan peradangan, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan neurodegeneratif seperti Alzheimer,” kata Dr. Johnson.

Studi ini melibatkan partisipasi lebih dari 500 orang dewasa yang mengonsumsi blueberry secara teratur selama periode enam bulan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam fungsi kognitif, termasuk memori dan konsentrasi, pada kelompok yang mengonsumsi blueberry dibandingkan dengan kelompok kontrol.

“Kami menemukan bahwa konsumsi blueberry secara teratur dapat meningkatkan aktivitas otak dan melindungi neuron dari kerusakan,” ungkap Dr. Johnson. “Ini menunjukkan bahwa blueberry dan senyawa antosianin dalamnya memiliki potensi untuk menjadi bagian penting dari diet yang sehat, terutama untuk melindungi kesehatan jantung dan fungsi otak.”

Hasil penelitian ini juga mendorong para peneliti untuk menjelajahi lebih lanjut potensi penggunaan antosianin dalam pengobatan dan pencegahan berbagai penyakit kronis. “Kami berharap penemuan ini dapat membuka jalan bagi pengembangan terapi baru yang didasarkan pada senyawa alami seperti antosianin,” tambah Dr. Johnson.

Baca Juga  Pemerintah Jelaskan Alasan PPKM Masih Terus Diperpanjang di Indonesia

Penemuan ini memberikan dukungan lebih lanjut bagi pentingnya pola makan yang seimbang dan inklusif buah-buahan dan sayuran berwarna-warni, terutama yang kaya akan senyawa fitokimia seperti antosianin. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang manfaat kesehatan dari nutrisi alami seperti ini, diharapkan dapat mendorong perubahan positif dalam kebiasaan makan masyarakat secara luas.

Script № 11302 medan.wartaindonesiaonline.com - PC 3x2 Mob 2x3 after post

Komentar